RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Program : XII / IPA
Semester : 1
Alokasi Waktu : 2x 45’
Standar Kopetensi : 1 Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 1.1 Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu
Indikator :
- Mendefinisikan arti Integral tak tentu
- Menurunkan sifat-sifat integral tak tentu dari turunan
- Menentukan integral tak tentu fungsi aljabar
I.Tujuan Pembelajaran :
Setelah kegiatan pembelajaran selesai diharapkan siswa dapat :
- Menentukan turunan dari fungsi y = f(x)
- Mendefinisikan arti Integral tak tentu
- Menurunkan sifat-sifat integral tak tentu dari turunan
- Menentukan integral tak tentu fungsi aljabar
II. Materi Pembelajaran : Integral tak tentu
III. Model/Metode Pembelajaran :
Strategi : discovery inkuiri
Model : Inkuiri
IV Langkah langkah Pembelajaran
No | Struktur | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
1 | Pendahuluan | a. Guru melakukan presensi b. Sebagai apersepsi siswa diingatkan kembali tentang turunan y = f(x) dari fungsi aljabar. c. Guru memberikan motivasi tentang peranan integral dalam pemecahan masalah | 10 Menit |
2 | Kegiatan Inti | EKSPLORASI d. Siswa mendiferensialkan/turunan beberapa fungsi aljabar y=f(x). LKS-01 | 70 Menit |
ELABORASI e. Siswa menentukan rumus integral tak tentu dari fungsi aljabar LKS-01 f. Siswa mengerjakan soal-soal. LKS-01 g. Siswa menurunkan/membuktikan beberapa sifat-sifat integral tak tentu dari fungsi aljabar LKS-02 h. Siswa mengerjakan soal-soal LKS-03 | |||
Konfirmasi i. Siswa mengajukan pertanyaan terhadap masalah yang dijumpai j. Guru memberikan umpan balik | |||
3 | Penutup | k. Guru memberikan tugas mandiri (PR) | 10 Menit |
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat :
Sumber belajar : - Buku paket kelas XII-A : Drs. Sigit Sprijanto, dkk
- LKS Terstruktur : Made Sri Astiti, M.Pd, dkk
VI. Penilaian
Aspek Penilaian : kognitif dan apektif
Teknik Penilaian : menggunakan teknik bertanya dan observasi, dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Patas, 16 Juli 2010
Mengetahui Guru Bidang Studi
Kepala MAN Patas Matematika
DRS. MOHAMMAD SYAFI’I, M.M IMRON WAHID WIDODO, S.Pd
NIP. 19650703 199303 1 005 NIP. 197106232001121001
L K S – 0 1
ELABORASI
Turunan |
F(x) F’(x) = f(x) |
Integral |
½x2 x ½x2 + 6 ….. ½x2 – 7 ….. ½x2 + 8 ….. ½x2 + c ….. |
Tabel 1
Dari tabel 1 diatas, integral (anti turunan) dari f(x) adalah F(x) = ½x2 + c, c konstanta.
Himpunan semua anti turuna f(x) dinotasikan yang dibaca ”Integral f(x) terhadap x”.
Jika f(x) = x2, maka F(x) = , sebab F’(x) = x2
Jika f(x) = x3, maka F(x) = , sebab F’(x) = x3
Jika f(x) = xn, maka F(X) = ……. , sebab F’(x) = .......... , n ¹ 1
ELABORASI
Integral tak tentu
disebut integral tak tentu dari f(x), f(x) dinamakan integran. Dengan demikian masalah di atas dapat ditulis,
Secara umum,
, n ¹ 1, c konstanta.
Rumus-rumus Integral tak tentu.
a. c.
b. d.
Latihan soal-soal
1. 2.
3. 4.
5. 6.
L K S – 02
ELABORASI
Turunan F(x) f(x) integral |
Tabel 2
Siawa menurunkan/membuktikan beberapa sifat-sifat integral :
1.
2.
3.
1. Bukti : = k = k f(x)
Jadi (terbukti).
2. Bukti : ………...
= ………...
= f(x) + g(x)
Jadi …………………… (terbukti)
3. Bukti : Akibat dari sifat no. 2
...............................
................................
Latihan soal-soal
1. 2.
3. 4.
L K S – 03
Tugas mandiri (PR)
1. Tentukan hasil integral-integral tak tentu berikut :
a. b. c.
2. Selesaikan integral-integral tek tentu berikut ini !
a. b.
3. Diketahui fungsi F(x) dengan F’(x) = 6x – 5 dan F’(-1) = 11. Tentukan rumus untuk fungsi F(x) !
4. Sebuah benda bergerak dengan laju v m/dt. Pada saat t detik, laju benda dinyatakan dengan persaman v = 12 – 5t. Pada saat t = 2 detik, posisi benda pada jarak 18 meter dari titik asal. Tentukan posisi benda s sebagai fungsi waktu !
PENYELESAIAN SOAL-SOAL LKS_01
1. 2.
3. 4.
= =
|
5.
=
=
PENYELESAIAN SOAL-SOAL LKS_01
1.
2.
=
= , c = c1+c2+c3
3.
=
= , c = c1+c2+c3
=
4.
=
=
= , c = c1+c2+c3
PENYELESAIAN SOAL-SOAL TUGAS MANDIRI (PR)
PENYELESAIAN | SKOR MAKS |
1. a. = b. = = = c. = = = = = + c | 5 5 5 5 5 5 |
Jumlah | 30 |
2. a. = = 2 x3 + c1 + 2 x2 + c2 + 9x +c3 = 2 x3 + 2 x2 + 9x +c, c = c1 + c2 + c3 b. = = = = = , c = c1 + c2 | 5 5 5 5 5 5 |
Jumlah | 30 |
3. F(x) = = = 3x2 – 5x + c F(-1) = 11 Û 3 (-1)2 – 5 (-1) + c = 11 Û 3 + 5 + c = 11 Û c = 3 Jadi F(x) = 3x2 – 5x + 3 | 5 5 5 5 |
Jumlah | 20 |
4. s = s(2) = 12 (2) - (2)2 + c = 11, c = 4 Jadi posisi benda s sebagai fungsi waktu t ditentukan oleh s(t) = | 5 5 5 5 |
Jumlah | 20 |
Jumlah skor | 100 |
PENYELESAIAN SOAL-SOAL TUGAS MANDIRI (PR)
1. a. =
b. = = =
c. = = = = = + c
3. a. =
= 2 x3 + c1 + 2 x2 + c2 + 9x +c3
= 2 x3 + 2 x2 + 9x +c, c = c1 + c2 + c3
b. =
=
=
=
= , c = c1 + c2
3. F(x) = = = 3x2 – 5x + c
F(-1) = 11
Û 3 (-1)2 – 5 (-1) + c = 11
Û 3 + 5 + c = 11
Û c = 3
Jadi F(x) = 3x2 – 5x + 3
4.
s =
s(2) = 12 (2) - (2)2 + c = 11, c = 4
Jadi posisi benda s sebagai fungsi waktu t ditentukan oleh s(t) =
0 komentar:
Posting Komentar